Resep Babi Woku Daun Ubi Ala Manado - Aneka Sup

idl21.blogspot.com - Terus terang walaupun saya berdarah Manado dan dibesarkan dgn budaya Manado yg kental, tapi untk urusan menu masakan Manado yg satu ini, saya belum cukup lama loh mengenalnya.Awal cerita bermula saat pengucapan syukur Kabupaten Minahasa Selatan tgl 12 Juli 2015 yg baru lalu.

Resep Babi Woku Daun Ubi Ala Manado
Babi Woku Daun Ubi

Saat itu saya merayakannya di kediaman kerabat saya, dan entah kenapa saya tergerak untk bergabung dgn para crew dapur, sambil icip icip dan ngambil beberapa gambar yg berkaitan dgn acara ini, terutama untk kuliner Manado.
Kala itu mata saya tertuju pd bongkahan daun ubi... dan akhirnya saya penasaran untk ikut terlibat memasak daun ubi ni yg ternyata adlh bahan untk membuat babi woku daun ubi.
Sebetulnya resepnya jg standar orang Manado, berbumbu woku... Hanya keunikan menu ini, dagingnya dibungkus dgn daun ubi. Pengolahan standarnya jg sama dgn penyajian pesta ala tradisional Manado.Bahan makanan dimasukkan dlm bulu (bambu), kemudian bambu dibakar dlm nyala api yg berkobar kobar hingga isinya matang.
Susah ya memasaknya? Ahaa jangan bête dong, ada koq alternatif lain memasaknya yg lebih simple. Ntar yaaa ...... akan saya jelaskan.
Oke? Saya tak akan membahas lebih jauh tentang memasak di bulu/bambu, karena setau saya sulit untk menerapkannya. Apalagi jika kita tinggal di kota
Cerita tentang eforia pengucapan syukur jg saya hentikan, dilanjutkan dgn kegiatan bermasak masak ria di dapur sehabis acara pengucapan syukur.
Lanjuuuuut ....
Seminggu kemudian, saya mulai mencoba mengutak atik masakan ni di dapur dgn memodifikasi cara masaknya. Yakni saya kukus saja.. lumayan, walaupun tak seperti dimasak dlm bambu(bulu), tapi masih ‘dapat’lah rasanya. 75 % sama, cukup kan? Penasaran?
Yuk simak resep masakan Manado yang satu ini.
Resep Babi Woku daun ubiBahan:
  • ½ Kg daging babi, bisa jg pakai ayam
  • 3 ikat daun ubi
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 sdt garam (jumlah ni relativ karena jika menggunakan penyedap, maka pemakaian garam perlu dikurangi)
  • Penyedap (jika suka)
  • Alumunium foil untk mengukus. Jika tak ada jg tak apa apa

Bumbu yg dihaluskan:
  • 10 bawang merah
  • 8 kemiri
  • 2 batang sereh
  • 4 cm jahe
  • 4 cm kunyit
  • 1 genggam cabe rawit / menurut selera

Bumbu daun :
  • 2 genggam kemangi yg sudah dipetik daunnya
  • 1 lembar daun pandan besar potong jadi 4 bagian
  • 1 daun bawang besar, potong bulat sekitar 1.5 cm
  • 10 lembar daun jeruk disobek sobek


Cara membuat babi woku daun ubi
  • Jika menggunakan daging babi, potong dadu ukuran 1.5 cm, jika menggunakan daging ayam potong 2.5 cm
  • Campurkan daging dgn bumbu halus dan bumbu daun termasuk air perasan jeruk nipis
  • Bungkus daging dgn daun ubi, bungkus dgn baik agar daging yg berbumbu benar benar terlindung aman dlm daun ubi.
  • Bungkus dgn alumunium foil kemudian kukus hingga matang dan siap disajikan. Jika tak ada alumunium foil jg tak apa apa, asalkan daging berbumbu dibungkus rapi dgn daun ubi.

Itu cara masak modifikasi versi saya. Jika memasak aslinya (dimasukkan dlm bambu), semua bahan bahan di atas dimasukkan saja kedalam bambu yg sudah dicuci dan direndam air minimal 3 jam. Bambu kemudian dibakar dlm nyalah api yag berkobar kobar hingga bahan didalam bambu itu matang.
Demikian resep babi woku daun ubi ini, selamat mencoba
Enjoy masakan Manado and happy cooking

other source : http://aneka-resep-masakan-online.blogspot.com, http://pinterest.com, http://docstoc.com

Previous
Next Post »