JENIS JENIS KURA KURA


Kura Kura Air tawar… Selesai membuat artikel saya yang kemarin tentang Beberapa Jenis Kura Kura Darat sekarang saya akan membahas tentang kura kura air tawara..
Kura Kura Air Tawar dalah jenis kura kura yang menghabiskan banyak waktu di dalam air, habitat nya biasa berada di sungai , rawa , kolam dan tempat tempat berair lain nya. karna di rumah pun saya memelihara 2 ekor untuk kura kura air tawar , yang biasa di sebut Bulus hehee… Tidak sulit untuk mengurus kura kura ini .
Nah bagi anda yang belum tahu jenis dan nama kura kura Air Tawar ,saya akan coba membahas beberapa jenis kura kura Air Tawar  yang saya ketahui.

Beberapa Jenis Kura Kura Air Tawar

1. Kura Kura Spiny softshell (Apalone spinifera)

Kura Kura Air Tawar
Kura Kura Spiny softshell kalo di indonesia ini seperti jenis bulus…kura kura Ini adalah salah satu kura-kura air tawar terbesar yang ditemukan di Amerika Utara, kura kura betina dapat menumbuhkan karapas hingga sekitar 18 inci panjang. kura-kura ini berumur panjang. Mereka biasanya memiliki kematangan seksual sampai 8-10 tahun, dan dapat hidup sampai berusia lebih dari 50 tahun.

2. Kura Kura Mata mata (Chelus fimbriatus)

Kura Kura Air Tawar
Anda mungkin akan melihat kura kura jenis ini seperti batu atau daun yang kering di kolam, tapi sebenarny Tidak itu bukanlah batu dan daun kering yang anda lihat di dasar kolam , itu adalah kura-kura mata mata . Spesies Amerika Selatan ini mempunyai wujud fisik yang disamarkan untuk habitatnya yang menyukai bergerak lambat di sungai , kolam dan rawa-rawa .
Dengan tempurung yang terlihat seperti kulit kayu dan kepala dan leher yang terlihat seperti daun jatuh , ikan-ikan akan berenang cukup dekat padany dan siap untuk di santap untu makan siang nya . Spesies ini memiliki moncong sangat panjang dan mencuat kura kura ini hanya keluar dari air untuk bernapas .

3. Kura Kura Rote Kepala ular (Chelodina mccordi)

Kura Kura Air Tawar
Bicara tentang aneh Ini adalah salah satu dari beberapa spesies kura kura yang aneh, kura kura ini memliki leher yang sangat panjang. leher kura kura ini dapat mencapai antara 7-9 inci panjang.
Tapi spesies ini terancam punah, Kura kura ini adalah salah satu spesies yang paling dicari dalam perdagangan hewan peliharaan, yang telah menyebabkan penurunan yang serius dari populasi liar. Dua atau tiga populasi yang tersisa berada dalam area kecil dari Pulau Rote, dan mereka masih sering secara ilegal ditangkap untuk perdagangan. dan di jadikan koleksi oleh manusia .kura kura ini sedang menuju daftar kepunahan..

4. Kura Kura Raksasa Cantor’s softshell (Pelochelys cantorii)

Kura Kura Air Tawar
Kura Kura Raksasa ini dapat tumbuh hingga 6 kaki panjang! kura kura ini berbentuk lumayan aneh jenis ini memiliki kepala yang sangat luas, dengan mata ditempatkan dekat dengan moncongnya. Ini menghabiskan sekitar 95 persen dari hidupnya. mereka mengubur diri di pasir atau lumpur di dasar sungai air tawar, mereka berbaring tak bergerak dan menunggu mangsa yang lewat.
Sayang nya jenis kura kura ini terancam punah.

5. Kura kura Indian flapshell (Lissemys punctata)

Kura Kura Air Tawar
Kura kura flapshell India kura kura ini dikenal mempunyai banyak lipatan pada kulit yang menutupi anggota tubuhnya ketika masuk kedalam cangkangnya. Sebagai omnivora, kura-kura ini memakan apa pun seperti katak dan ikan atau sayuran dan buah buahan.kura kura ini lebih suka tinggal di sungai dan kolam, Kulit Mereka selalu basah hal ini membantu bertahan hidup melalui cuaca kering.

6 . Kura Kura Alligator snapping (Macrochelys temminckii)

Kura Kura Air Tawar
Kura Kura air tawar terbesar di dunia berdasarkan berat mereka . kura kura Ini berburu dengan menggunakan mulut mereka yang disamarkan dan memiliki lidah seperti cacing di ujung lidahnya untuk memikat mangsanya, mangsa nya bisa apa saja dari ikan ,ular ,burung air bahkan kura-kura lainnya. mereka berburu mangsa dengan cara Berbaring sepenuhnya tanpa bergerak dengan mulut terbuka lebar, hal ini dilakukan hanya untuk menunggu mangsa mendekati mulutnya.

7. Kura Kura Malayan softshell (Dogania subplana)

Kura Kura Air Tawar
Saya punya sepasang Kura Kura Air Tawar jenis ini…Berikut ini adalah spesies penyu lain dengan wajah yang mungkin tidak akan anda lupakan. Banyak Ditemukan di sungai dengan air mengalir , kura kura softshell Malayan suka makan siput dan kerang / keong kecil lainnya. Seperti kebanyakan spesies kura kura softshell, ia memiliki moncong yang dapat muncul di atas air sementara tubuhnya tetap terendam dan tersembunyi. Tapi secara keseluruhan,saat ia menaikan kepala, bentuk yang terlihat hampir lebih seperti ikan dari pada kura-kura.

8. Kura Kura Moncong Babi (Carettochelys insculpta)


Kura kura Moncong Babi ini bukan hanya hidungnya yang membuat spesies kura kura ini unik. kura kura ini adalah satu-satunya kura kura air tawar dengan sirip seperti kura-kura laut. kura kura ini dapat ditemukan di sungai air tawar, di sekita laguna dan sungai-sungai di Northern Territory Australia dan juga di New Guinea. Sayangnya, spesies telah mengalami penurunan populasi sekitar 50 persen dalam dua dekade terakhir, terutama karena perdagangan binatang eksotis.kura kura ini termasuk hewan yang dilindungi.
Previous
Next Post »