Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut pada Anak

idl21.blogspot.com - Memberikan perlindungan terhadap kesehatan gigi dan mulut anak sangatlah penting dilakukan. Karena masalah gigi dan mulut pd anak dpt berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya kesehatan anak, oleh karena itu, perhatian kedua orang tua sangatlah diperlukan. Terutama pd anak-anak yg masih dibawah umur lima tahun. Kondisi gigi primer pd anak dpt mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen. Untuk menghindari hal yg tak diinginkan maka anda dpt melakukan tips agar kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga, berikut ulasannya.

Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut pada Anak
Perilaku anak yg lucu
  • Rajin mengajak anak untk berkumur menggunakan obat kumur yg terdapat kandungan desinfektan agar plak dan bakteri yg menempel pd gigi yg sulit dibersihkan seperti disela-sela mudah dihilangkan.
  • Rajin menggosok gigi menggunakan pasta gigi dan menggunakan benang flossing bertujuan untk membersihkan sisa-sisa makanan / minuman yg dpt menimbulkan plak pd gigi.
  • Hindari / kurangi makanan manis dan lengket karena hal ni sangat mudah mengundang bakteri untk datang, makanan manis dan lengket akan menimbulkan perlekatan dipermukaan gigi dan masuk kesela-sela gigi.
  • Berikan anak makanan yg mengandung vitamin C / sengaja memberikan vitamin C pd anak, bertujuan untk mencegah terjadinya radang gusi dan pendarahan pd gusi karena kekurangan vitamin C, dan jg dpt berfungsi untk mencegah sariawan disekitar mulut.

Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut pd anak ada beberapa manfaat yg akan kita dpt seperti terhindar dari gangguan asupan makanan pd anak, dgn terjadinya gangguan pd gigi secara langsung akan menggangu pola makan anak, apabila dibiarkan berlarut-larut akan mengganggu kesehatan keseluruhan.
Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut anak akan terhindar dari pertumbuhan gigi yg tak rata, gigi primer yg utuh akan menuntun pertumbuhan gigi permanen pd anak sehingga bentuk gigi anak akan terlihat indah.
Itulah pentingnya sebagai orang tua untk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut pd anak. Terimakasih kunjungan anda semoga artikel ni bermanfaat untk anda. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya Alasan penting merawat gigi bayi.

other source : http://vickymoos.blogspot.com, http://tribunnews.com, http://news.detik.com

Previous
Next Post »