Pastel Isi Ayam Sayuran



Ini resep andalan dan snak favorit keluarga saya, hampir bisa dipastikan minimal seminggu dua kali saya selalu bikin kue cemilan gurih manis ini. Jadi stok isian pastel selalu ada di freezer, bahkan kadang2 saya membuat pastel agak banyak lalu saya simpan dalam freezer, sewaktu-waktu ingin mengudap kue ini tinggal dikeluarkan dari freezer, dibiarkan dulu sebentar agar tidak beku, kemudian digoreng.

Resep kulitnya tetap menggunakan resep kue pastel yang sudah pernah saya posting terdahulu...di resep Pastel Tuna Mayo dan untuk isiannya kali ini saya mengganti ikan tuna dengan daging dada ayam.


PASTEL ISI AYAM SAYURAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit :
250 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 gram margarin lelehkan
30 ml minyak goreng, panaskan
80 ml air putih (5 sdm)

Bahan Isi :
5 siung bawang putih haluskan
7 butir bawang merah haluskan
150 gram daging dada ayam rebus potong dadu kecil
50 gr udang cincang
100 gram kentang potong kecil, rebus
100 gram wortel potong kecil, rebus
50 gram buncis muda potong kecil2, rebus
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt merica halus
1 sdt pala halus
1 batang daun bawang diiris halus
1 batang daun seledri diiris halus
4 butir telur rebus dipotong beberapa bagian
2 sdm minyak goreng untuk menumis





Cara Membuat :

1. Isi : Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam, udang cincang, aduk-aduk. Masukkan wortel, kentang, buncis, aduk rata. Taburkan garam, gula, lada bubuk, pala bubuk, aduk sampai meresap. Tambahkan daun bawang dan daun seledri, aduk rata kembali. Angkat dan sisihkan.

2. Kulit : Tuangkan campuran minyak goreng dan margarin ke dalam tepung terigu bersama garam dan gula pasir. Aduk adonan kulit hingga tercampur rata, masukkan air putih. Aduk adonan dan uleni hingga kalis. Diamkan sebentar kira-kira 15 menit.

4. Gunakan gilingan mie untuk menipiskan kulit dengan ketebalan no 5, kemudian cetak dengan diameter 10cm. Atau jika tidak punya alat giling mie, bisa digiling dengan menggunakan gilingan dari kayu.

5. Ambil selembar kulit, taruh ditengahnya tumisan isi dan sepotong telur rebus, lipat jadi setengah lingkaran pilin-pilin hingga selesai.

6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan pastel. Disiram-siram dengan minyak, goreng sampai matang kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

7. Hidangkan dengan saos sambal atau cabe rawit.


Dibawah ini step by step cara menggiling manual kulit kue pastel alias pakai rolling pin kayu, karena terkadang saya lebih suka dengan cara seperti ini ketimbang dengan alat pasta maker (gilingan mie/marcato elektrik milik saya). Hehee...males ngeluarin dan mbersihin, jadi mendingan bergiling-giling ria deh, dijamin gak pegel deh...kan adonan kulit pastel ala saya ini lembut saat digiling, gak perlu keluar tenaga dalam.





#Note:
- Perlu saya ingatkan pada saat membuat adonan kulit pastel, panaskan dulu minyak goreng bersama margarin hingga margarin meleleh (saya suka memanaskannya di dalam microwave, biar praktis). Dalam keadaan masih panas tuangkan ke dalam tepung terigu, aduk rata dengan sendok kayu.
- Jika suka kulit pastelnya berintik, ada gelembung-gelembungnya  ada dua alternatif tips/triknya, yaitu: panaskan minyak goreng hingga cukup panas, masukkan kue pastel, lalu matikan api...setelah kulit pastel keluar gelembung-gelembungnya, kembali nyalakan api, tetapi api sedang saja, dan goreng kue pastel hingga kuning kecoklatan. Atau goreng kue pastel dengan memasukkan kedalam minyak goreng yang belum terlalu panas banget, kemudian goreng sampai matang (nyala api kompor sedang).


Selamat Mencoba...
Semoga Sukses Membuat Kue Pastel Yang Lezat, Renyah dan Garing.
Previous
Next Post »